PELATIHAN PERTOLONGAN PERTAMA PMI KABUPATEN SIDOARJO

Guna meningkatkan profesionalisme dan meningkatkan kemampuan fasilitator PMR di masing – masing sekolah, PMI Kabupaten Sidoarjo mengadakan Pelatihan Pertolongan Pertama bagi fasilitator PMR, KSR dan TSR di lingkungan PMI Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 8,9,22,23,30 dan 31 januari 2011, bertempat di Aula PMI kabupaten Sidoarjo dan dibuka secara resmi oleh sekretaris sekaligus Kepala Markas PMI Bpk. Drs. H. Aunur Rofiq.

Dalam sambutannya beliau berpesan agar selama kegiatan berlangsung para peserta diharapkan mampu menyerap semua materi dengan baik dan mempraktekkan dengan sungguh – sungguh supaya kelak ketika menjadi fasilitator di sekolah mampu memberikan contoh dengan baik dan sempurna mengingat ilmu Pertolongan Pertama bersifat universal yang artinya setiap saat dan setiap waktu berubah mengikuti perkembangan dunia kedokteran dan medis. Pesan bapak sekretaris sangatlah beralasan dikarenakan pelatihan ini bertujuan untuk menyebarluaskan revisi dan bedah buku pertolongan pertama yang baru, sehingga ada kesamaan visi misi dan sikap dalam memberikan pertolongan pertama.Pada hari pertama pelatihan tanggal 8 dan 9 januari 2011, fasilitator materi adalah bapak Subchan dan bapak Arif, beliau berdua adalah Fasilitator dari PMI Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Banyuwangi yang telah Lulus mengikuti pelatihan TOT Pertolongan Pertama di PUSDIKLAT PMI Provinsi Jawa Timur. Adapun materi pelatihan di pertemuan pertama adalah Pengenalan Pertolongan Pertama, Anatomi dan Fisiologi, Penilaian Penderita, BHD dan RJP, Perdarahan dan Syok. 

Sedangkan materi pada pertemuan kedua tanggal 22 dan 24 januari 2011 adalah Cidera jaringan lunak, Cidera sistem otot rangka, Cidera Kepala; Leher; Tulang Belakang dan Dada, Luka Bakar, Pemindahan penderita. Materi ini disampaikan oleh bapak Subchan dan bapak Fajar dari PMI kabupaten Jombang.Untuk materi pada pertemuan terakhir tanggal 29 dan 30 Januari 2011 adalah kedaruratan medis, Triage dan simulasi pertolongan pertama. Semoga kegiatan ini berjalan lancar tanpa hambatan yang berarti, terlaksana dengan baik serta semua peserta LULUS dengan nilai sempurna dan memuaskan tanpa ada yang lulus bersyarat. (HamDut volunteer Sidoarjo)
This entry was posted in KEGIATAN. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s