Cuci tangan, si remeh pencegah penyakit.

Mencuci tangan adalah sebuah pekerjaan yang simple namun membawa pengaruh yang cukup besar untuk pencegahan penyebaran penyakit. Tanpa kita sadari, tangan kita adalah perantara dari berbagai macam penyakit ynag membahayakan tubuh. Sering timbul pertanyaan dalam benak kita, apa sih pentingnya cuci tangan. Padahal cuci tangan tidak terlalu menyita banyak waktu kita.
Seorang penderita flu, secara refleks akan menutup hidungnya saat bersin dengan tangan. Tangan tersebut digunakan untuk memegang gagang pintu, tombol lift, pegangan tangga, dan lain-lain. Kemudian anda memegang benda yang sudah dipegan oleh orang itu.

Coba anda bayangkan berapa jumlah kuman penyebab flu yang sudah berpindah ke tangan anda. Apabila anda menyentuh mulut atau hidung anda, maka kuman itu akan berpindah ke tubuh anda dan apabila daya tahan tubuh anda lemah anda akan lebih mudah terserang penyakit. Penyakit-penyakit seperti diare, cacingan, Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), TBC, SARS, flu burung (H5N1), flu babi (H1N1) dapat dicegah denagn mencuci tangan secara baik dan benar.
Pada umumnya, mencuci tangn dilakukan pada saat sebelum dan sesudah makan serta sesudah BAB/BAK. Seharusnya anda juga perlu mencuci tangan sebelum anda menyiapkan makanan, setelah memegang daging mentah, sebelum dan sesudah menyentuh orang sakit, sesudah batuk/bersin/buang ingus, setelah mengganti popok/pembalut, sebelum dan sesudah mengobati luka, setelah menbuang smpah ataupun setelah menyentuh hewan peliharaan atau kotoran hewan karena banyak kuman-kuman yang dapat menyebar dari berbagai hal di atas.
Cara mencuci tangn yang baik dan benar dapat anda lakukan dengan menggunakan air mengalir dan sabun. Sedangkan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
•    Siapkan alat-alat yang diperlukan
•    Lepaskan semua perhiasan yang ada di tangn baik cincin ataupun gelang.
•    Sisingkan lengan baju sampai suki apabila anda menggunakan pakaian lengan panjang.
•    Basahi tangan anda dengan air mengalir/air kran.
•    Ambil sabun cair secukupnya (boleh manggunakan sabun batangan).
•    Gosokkan samopai berbusa pada telapak tangan kemudian sapukan ke punggung tangan, jari-jari, sela-sela jari hingga lengan.
•    Bersihkan juga kotoran yang ada di kuku dengan menggunakan sikat kuku.
•    Bilas tangan anda sampai bersih.
•    Keringkan dengan menggunakan tissue/handuk.
•    Bereskan semua perlengkapan.
Pada saat anda mengeringkan tangan, jangan menggosokkan dengan keras karena akan menimbulkan luka. Akan lebih baik jika anda hanya mengusapkan tissue/handuk sampai tangan anda kering.
Nah, mengingat betapa besar manfaat dari “si remeh”, maka lakukanlah kebiasaan baik ini sejak dini. Anda juga harus mengajarkan kepada anak, saudara, teman ataupun orang lain yang anda sayangi agar mereka juga merasakan manfaat dari mencuci tangan.
By: M. MUKHDOR AL-FARUQ
This entry was posted in ARTIKEL. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s